Renungan Harian/Saat teduh City Of God

25 Agustus 2018

Bacaan: 1 Timotius 6:1-21

1 Timotius 6:6-10
6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

Beberapa kali dalam suratnya Rasul Paulus mengingatkan kondisi di akhir zaman, bagaimana keadaan manusia akan jatuh oleh pelbagai hal dan salah satunya adalah karena uang dan kekayaan. Manusia akan menjadi hamba uang dan jatuh dalam rupa-rupa ketamakan. Ibrani 13:5 menulis: Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.

Kata hamba uang dalam bahasa Yunani adalah : philarguria yang berasal dari kata philarguros. Kata Philarguros sendiri berasal dari kata philos artinya sahabat,atau bersahabat dan arguros, artinya uang atau perak. Dengan demikian kata cinta uang atau hamba uang memilki arti yang sama.

Paulus melalui ilham Roh Kudus sudah memperingatkan bahwa pada akhir jaman, virus hamba uang ini semakin merajalela. Memang virus hamba uang sejak jaman dahulu sudah ada. Tetapi semakin menuju kepada akhir jaman, hal ini semakin meningkat.

Ada banyak hal yang akan terjadi bila seseorang dihinggapi virus cinta uang ini . Alkitab berkata bahwa akar segala kejahatan adalah cinta akan uang. Ingat, pada dasarnya, uang tidaklah jahat, tetapi yang seringkali menyebabkan timbulnya banyak kejahatan adalah cinta uang.

Apa saja bahaya dari virus hamba uang ini?

1. Kehilangan rasa puas
Pengkhotbah 5:9 “Siapa mencintai uang, tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya.
Bagaimana memiliki rasa cukup?
Mengucap syukurlah dan belajar memberi maka kita akan berbahagia dan puas.

2. Menjadi serakah
1 Timotius 6:9 “Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan dan yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

3. Menjadi jahat
Mengapa Ananias dan Safira mereka bersepakat berbohong dan menipu para rasul? karena cinta mereka akan uang sehingga melakukan kejahatan. Alkitab juga memperingatkan supaya kita tidak menjadi pencuri ( Maleakhi 3).

4. Menyimpang dari iman
Ada orang-orang yang menjual iman,hanya karena iman. Buat apa kita memiliki harta dunia kalau akhirnya kita binasa?

Waspadai virus hamba uang ini. Beribadahlah dengan rasa cukup dan penuh ucapan syukur, maka kita akan mendapatkan keuntungan besar yaitu damai sejahtera dan perkenanan Tuhan yang lebih berharga dan membawa kita kepada keselamatan dan hidup kekal. Bagaimanapun kondisi keuangan yang sedang kita hadapi, jangan kehilangan pengharapan, jangan tinggalkan Tuhan dan jangan tanggalkan iman. Percayalah bahwa :
Filipi 4:19
” Dan Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus.

Posted in Uncategorized.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *